Saturday 10 December 2011

GERHANA BULAN 10 DISEMBER 2011

assalamualaikum ..
korang pernah dengar tentang Gerhana Bulan ? ia dikatakan akan berlaku 
hari ni 10/12/2011 . date yang akan comel jugak . tak tahu ape itu maksud 
GERHANA BULAN .? mehh gadis cyber jelaskan ....


Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan
bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi .gerhana bulan dapat dilihat dengan mata kasar dan tidak berbahaya sama sekali .  

Namun, untuk dapat melihat gerhana secara lebih jelas, dapat digunakan teleskop atau teropong bintang. Untuk melihat gerhana bulan, tidak diperlukan teropong yang terlalu besar.  Sebuah binocular sederhana dapat digunakan untuk melihat gerhana dengan mengarahkannya ke Bulan. Meskipun demikian, Bulan yang saat itu sedang purnama akan memiliki cahaya yang cukup terang dan menyilaukan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi yang mengamati gerhana dengan menggunakan teleskop untuk dapat menggunakan filter Bulan. Jika langit cerah dan tidak tertutup awan, Gerhana Bulan Total ini akan dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Ketika gerhana bulan sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan solat gerhana bulan (solat khusuf) .

gerhana bulan pernah terjadi pada tarikh 16 jun 2011 dan merupakan gerhana bulan yang terpanjang di selama ini .gerhana ini terjadi mulai pukul 01.22 wb sampai pukul 3.14 lalu dilanjutkan dengan gerhana bulan total sampai pukul 5 .00 pagi 

jika belum sempat tengok secara langsung pada 16 jun , anda boleh lihat gerhana bulan kedua pada malam ini  .semoga anda dapat menyaksikan secara langsung malam ini . jangan lepaskan peluang ini .

okey , tu saje yang saya boleh share . ni pun saye ambil dari wikipedia dan jelajah 
blog-blog yang berinformasi . JANGAN LUPE MALAM INI .

No comments:

Post a Comment